Charity Aksi KOHD dari Media Sosial Menjadi Gerakan Sosial

Charity Aksi KOHD dari Media Sosial Menjadi Gerakan Sosial

632
BERBAGI
Foto bersama dengan anak-anak yatim piatu dalam acara Charity Aksi KOHD, Minggu (5/3/2017) kemarin di Desa Kebonsari Kec. Dempet Kab. Demak. (Foto : Hry)

DEMAK, Jatengku.com – Komunitas Omah Harapan Demak (KOHD) menggelar santunan Anak yatim Piatu bertemakan “CHARITY AKSI BERBAGI DENGAN HATI” di Desa Kebonsari Kec. Dempet Kab. Demak, Minggu (5/3/2017) kemarin.

KOHD menggandeng Karang Taruna Tunas Karya Muda Kebonsari dan Ninja Simple  Community (NSC) dalam penyelenggaraan acara tersebut. Kegiatan yang dilangsungkan di halaman Masjid Baitul Mutaqin ini dikemas dengan pemberian santunan anak yatim piatu dan dan motivasi edukasi serta game  yang di pandu oleh para relawan KOHD.

Acara dibuka dengan Tausiah Oleh Ustadz Ali, tokoh Agama setempat. Dalam tausiahnya, Ustadz Ali menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah wujud dari meneladani sebagian kecil dari akhlak mulia Rosul Muhammad SAW dalam bidang sosial.

Sebagaimana pernah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya“. Sedangkan khusus untuk anak yatim ada banyak ayat dan hadits yang memerintahkan serta menjelaskan keutamaan-keutamaan memelihara anak yatim, diantaranya adalah “Barang siapa di dunia memperhatikan merawat anak yatim kelak di akhirat akan bersama rosulullah seperti kedua jari telunjuk dengan jari tengah”.dan yang paling utama, untuk menyantuni anak yatim piatu tidak hanya pada bulan Syuro saja namun setiap saat setiap waktu seperti di lakukan KOHD ini, setiap bulan adalah hal yang sangat bagus dan patut di contoh.

Santunan yang diberikan kepada anak yatim, adalah berupa uang tunai dan paket dengan total nilai semuanya sebesar Rp 3.750.000 dan di berikan kepada yatim piatu sebanyak 25 anak. Dana tersebut diperoleh dari sumbangan anggota KOHD dan para donatur yang dihubungi oleh anggota. Uniknya penggalangan dana di KOHD selama ini dilakukan via media sosial.

Selain mengumpulkan dana untuk diberikan pada anak yatim piatu pada kesempatan tersebut, para anggota KOHD juga melakukan Kopi Darat (Kopdar).

“Hal ini mengingat bahwa Komunitas kita ini berbasis Medsos atau kita biasa bertemu dari jejaring Facebook khususnya dan acara seperti ini kita manfaatkan sebagai sarana silaturrahmi kenal di dunia maya bersaudara di dunia nyata, “ kata Koordinator sekaligus Founder KOHD, Haryanto, di sela sela sambutanya.

Penyerahan santunan kepada anak-anak yatim piatu di Desa Kebonsari Kec. Dempet Kab. Demak oleh KOHD.

Di tengah kondisi lini masa berbagai media sosial yang memprihatinkan, penuh caci maki, fitnah dan ajang adu domba, kehadiran KOHD menjadi oase yang menyejukkan. Komunitas ini memanfaatkan media sosial untuk mengajak kebaikan, membentuk komunitas berbagi, membentuk keluarga, dan menyatukan ide dan gagasan di bidang sosial.

Anggota KOHD berkumpul menyiapkan acara baksos. Melalui komunitas ini dengan memanfaatkan jaringan media sosial, orang-orang yang memiliki gagasan dan jiwa sosial berhimpun membantu mereka memerlukan uluran tangan. Kegiatan sosial yang mereka adakan antara lain santunan anak yatim piatu rutin sebulan sekali, ada Jumat berkah berbagi nasi bungkus untuk dhuafa setiap jumat, pemberian bantuan modal usaha untuk lansia, tali asih, pengobatan, bantuan dana bedah rumah,memberikan kursi roda untuk para difabel dan lainnya.

“Jika ada yang berminat bergabung dengan komunitas ini, bisa bergabung melalui group facebook Komunitas Omah Harapan Demak.yang mempunyai motto ‘Berbagi Dengan Hati ini’, “ pungkas Haryanto.(Hry)