Pilgub Jateng 2018, Angaran Capai Angka Rp 1 Triliun

Pilgub Jateng 2018, Angaran Capai Angka Rp 1 Triliun

141
BERBAGI
*Ilustrasi

SEMARANG, Jatengku.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah untuk penyelenggaraan Pilgub dan Pilkada 2018 mendatang, membutuhkan anggaran hampir mencapai angka Rp1 triliun.

Anggaran Pilgub Jateng 2018, sebagian akan digunakan untuk membiayai badan penyelenggara. Mulai dari tingkat kecamatan sampai ke tempat pemungutan suara (TPS).

Anggota KPU Jateng Divisi Hukum Hakim Djunaedi mengatakan, saat ini sudah ketemu angka untuk penyelenggaraan Pilgub dan Pilkada 2018 sebesar Rp986 miliar.

Saat ini, pihaknya masih mensinergikan anggaran yang diajukan KPU Jateng dan KPU kabupaten/kota yang juga menggelar Pilkada Serentak 2018.

Dalam waktu yang berbeda, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng Juhana menyatakan, saat ini pihaknya sudah ada komitmen dengan Pemprov Jateng terkait dana kebutuhan pengawasan selama Pilgub dan Pilkada Jateng 2018 mendatang.

Terkait rekrutmen panwas di 35 kabupaten/kota, lanjut Juhana, tahapannya mulai dilakukan Juni 2017. Masing-masing daerah akan ada tiga orang panwas dan panwas tiap daerah merekrut panwascam, PPL dan pengawas (TPS) tempat pemungutan suara

“Kebutuhan anggaran Bawaslu yang diajukan sebesar Rp338 miliar, sekarang baru terpenuhi Rp293 miliar,” Tukasnya, seperti dilansir dari Radio Idola, baru-ini.

Dirinya berharap, pemprov segera menandatangani NPHD, agar persiapan pengawasan tidak terlambat dan bisa berjalan lancar. (*)